Welcome To My Imagination: Jurusan Administrasi Pendidikan

Jurusan Administrasi Pendidikan


Prospek Kerja Administrasi Pendidikan
Administrasi Pendidikan sangat diperlukan bagi kelangsungan proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan. Semua itu tidak lepas dari keaktifan orang-orang yang menguasai administrasi dalam sekolah. Orang sering menganggap enteng administrasi tersebut, padahal kalau administrasi dipegang oleh orang-orang yang kurang terampil maka administrasi tersebut akan berantakan. Orang yang memegang administrasi adalah orang yang sudah terlatih dalam bidangnya (orang yang sudah mendapat ilmu/ pelatihan). Administrasi tidak hanya dilakukan dalam waktu tertentu saja tetapi setiap hari secara kontinu.
Untuk menjawab tantangan ini didirikan jurusan Administrasi Pendidikan program studi manajemen pendidikan, yang mana lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa menjadi pengelola pendidikan, di sekolah atau di dinas pendidikan. Namun fakta dilapangan berkata lain masyarakat merasa sangat asing dengan jurusan ini, seolah-olah ini  adalah jurusan baru padahal administrasi pendidikan sudah ada sejak UNP masih bernama IKIP Padang. Bahkan yang sangat lucu adalah mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan bingung dengan dirinya sendiri dan bahkan yang lebih memilukan adalah mereka malu untuk jujur jika ditanya apa jurusan mereka.
Setiap ada penerimaan CPNS baru di suatu lembaga atau instansi, yang pertama penulis cari adalah apakah ada lowongan untuk alumni atau tamatan jurusan Administrasi Pendidikan. Namun begitu selesai penulis membaca tidak satupun penulis menemukan formasi untuk mahasiswa yang berijasah administrasi pendidikan. Penulis benar-benar kecewa karena dari beberapa instansi yang membuka lowongan untuk CPNS tidak satupun yang menerima lulusan jurusan Administrasi Pendidikan.
Inilah inti dari permasalahan jurusan Administrasi Pendidikan saat ini, kita masih menunggu apa sebenarnya pekerjaan yang cocok untuk jurusan adaministrasi pendidikan, namun demikan dari berbagai informasi yang kami peroleh dari ketua jurusan, alumni dan mata kuliah yang dipelajari dapat ditarik kesimpulan bahwa lulusan jurusan administrasi pendidikan nantinya akan dipersiapkan untuk menjadi:
  1. Tenaga administrasi sekolah, staff TU
  2. Pegawai kantoran, dinas pendidikan, instansi negeri atau swasta
  3. Guru SMK Manajemen bisnis
Namun demikian sebenarnya jurusan administrasi pendidikan bisa bekerja dimana saja, ini dikarenakan karena ilmu yang dipelajari dalam jurusan ini adalah ilmu manajemen yang mana ilmu manajemen sangat dibutuhkan oleh semua lembaga baik negeri ataupun swasta.
Saya menyarankan pada saudara-saudara yang sudah patah semangat dengan jurusan ini, tetaplah tegar dan buktikan kalau jurusan kita adalah yang terbaik, satukan tekan dan rapatkan barisan kita pasti bisa. Ini adalah awal untuk kebangkitan kita bukan akhir. Akhir kata kami menghimbau saudara sekalian jadilah pencipta lapangan pekerjaan jangan menjadi pencari kerja. Tetaplah berkarya dan belajar karena seperti pribahasa mengatakan dimana ada kemauan disana pasti ada  jalan.

Secercah Harapan Bagi Lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan
Permasalahan diatas akan terjawab dengan adanya sebuah kebijakan yang dapat menjadikan jurusan administrasi pendidikan di kenal oleh masyarakat banyak dan memiliki prospek kerja yang jelas, dengan demikian akan mendapatkan respon positif dari mahasiswa administrasi pendidikan itu sendiri. Dibalik semua ini akan berpedoman kepada Permendiknas No. 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.
Dengan keluarnya Permen tersebut, akan memberikan dampak positif kepada argument mahasiswa sebelumnya yang mengatakan ketidak jelasan dari jurusan administrasi pendidikan dan prospek kerjanya. Berdasarkan Permen tersebut arah jurusan administrasi pendidikan lebih tampak jelas. Bahwa sebagai tenaga administrasi sekolah benarlah orang-orang yang memiliki background dari administrasi pendidikan. Misalnya untuk menjadi seorang kepala administrasi SMA/SMK/MA/SMALB haruslah seseorang yang berpendidikan S1 program studi administrasi pendidikan, hal ini tercantum dalam lampiran Permen tersebut.
Disamping itu, untuk lebih dikenali jurusan administrasi pendidikan perlu diadakan sosialisasi kepada masyarakat tentang jurusan ini, dan kegiatan atau ikatan iluni administrasi pendidikan agar lebih ditingkatkan. Dengan demikian prospek kerja bagi jurusan administrasi pendidikan akan lebih tampak jelas. Tidak lupa pula diperlukan kesadaran dan optimisme dari setiap mahasiswa terhadap jurusan administrasi pendidikan. Janganlah memandang jurusan ini dengan sebelah mata, sesungguhnya jurusan administrasi pendidikan memiliki peranan penting dalam kemajuan pendidikan khususnya dalam bidang pengelolaan pendidikan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Welcome To My Imagination Urang-kurai