Welcome To My Imagination: 7 Taman Laut Terindah Di Indonesia

7 Taman Laut Terindah Di Indonesia


Kekayaan alam Indonesia seakan tiada habisnya. Selain kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Indonesia juga mempunyai berbagai keindahan yang ditawarkan termasuk surga bawah laut yang terbentang dari sabang sampai merauke. Potensi Indonesia sebagai tempat taman laut terbanyak di dunia pasti membuat semuanya layak dikunjungi. Namun jika pada akhirnya kita akan memilih benar-benar tempat terbaik, berikut daftarnya.

7 Taman Laut terindah di Indonesia:


Kepulauan Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat sangat terkenal ke mancanegara dan digadang-gadang sebagai surga bawah laut terbaik di dunia. Alamnya masih terjaga dengan baik. Posisinya di kawasan segitiga terumbu karang, yang tepat pada pusat keragaman terumbu karang dunia, menjadikan kepulauan Raja Ampat sebagai kawasan yang paling kaya keragaman hayatinya.

Taman Laut Bunaken
Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulauSulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Letak geografis 1°35’ - 1°49’ LU, 124°39’ - 124°35’ BT. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia.
       
Wakatobi
Wakatobi adalah kepulauan yang terletak di sebelah tenggara pulau Sulawesi. Kepulauan ini dinamakan Wakatobi, yang merupakan singkatan dari nama 4 pulau utamanya, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomiang, dan Binongko. Wakatobi ditetapkan sebagai kawasan taman nasional pada tahun 1996, dengan luas keseluruhan 1, 39 juta hektare. Wakatobi memiliki keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.

Kepulauan Komodo
Pulau Komodo ternyata tidak hanya terkenal dengan binatang purba komodo saja. Taman nasional yang baru saja terpilih sebagai tujuh keajaiban dunia Alam ini terkenal juga memiliki keanekaragaman hayati alam bawah airnya.Tak heran jika Taman Nasional Komodo juga menjadi tujuan banyak para penyelam lokal maupun mancanegara. Sedikitnya terdapat 53 titik lokasi rekreasi menyelam, dengan jarak pandang (visibility) 5-30 meter. 


Pulau Derawan
Pulau Derawan berada di kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Selain Pulau Derawan di kawasan ini juga terdapat pulau Maratua, Sangalaki, Pajang dan Kakaban.
Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah merupakan bagian dari Kota Sabang, provinsi Aceh. Taman laut pulau Rubiah memiliki luas 2600 ha dan ditumbuhi oleh berbagai jenis karang yang indah dan biota laut yang langka. Dari 15 jenis biota laut yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia, ternyata 14 jenis di antaranya terdapat di taman laut pulau Rubiah. Kawasan ini juga terkenal sebagai tempat untuk menyelam, snorkling, dan wisata bahari lainnya. 





Kepulauan Karimun Jawa
Kepulauan Karimun Jawa merupakan gugusan pulau-pulau yang berjumlah 27 pulau dan terletak di utara laut Jawa. Kepulauan ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimun Jawa ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut (TNL) sejak 1988.







Demikianlah 7 taman laut terindah di Indonesia versi saya semoga bermanfaat dan mungkin dapat mengunjunginya suatu saat...
Kita telah melihat seluruh taman laut Indonesia yang terbentang dari sabang sampai Merauke. Pulau Sumatra mempunyai Pulau Rubiah. Di kalimantan ada Pulau Derawan. Kemudian Karimun Jawa di Pulau Jawa. Di Sulawesi ada dua yaitu Taman Laut Bunaken dan Wakatobi. Di Kepulauan Nusa Tenggara ada Pulau Komodo dan di ujung timur ada Kepulauan Raja Ampat.
Betapa kayanya Indonesia dan kita pantas bersyukur kepada Allah YME atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Welcome To My Imagination Urang-kurai